TRANSFORMASI LAYANAN PUBLIK MELALUI E-GOVERNMENT : EVALUASI LAYANAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI DINAS PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TUBAN

SINTA ADIA PRAMESTI, PRAMESTI (2025) TRANSFORMASI LAYANAN PUBLIK MELALUI E-GOVERNMENT : EVALUASI LAYANAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DI DINAS PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TUBAN. [Skripsi]

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2029.

Download (1MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2029.

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2029.

Download (1MB)

Abstract

Penerapan e-Government dalam bentuk aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat. Namun, adopsi aplikasi ini masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk rendahnya tingkat literasi digital masyarakat, keterbatasan infrastruktur, dan kendala teknis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi IKD dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi masyarakat dalam penggunaan aplikasi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi terhadap pengguna aplikasi IKD dan petugas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun aplikasi IKD memiliki potensi besar dalam mendukung e-Government, masih terdapat kendala yang signifikan dalam adopsi aplikasi ini, khususnya di wilayah pedesaan dengan akses internet terbatas. Selain itu, aplikasi IKD dinilai perlu ditingkatkan dari segi fitur dan keamanan data untuk meningkatkan pengalaman dan kepercayaan pengguna. Berdasarkan temuan ini, pemerintah diharapkan dapat memperkuat upaya sosialisasi, memperbaiki fitur aplikasi, dan menjamin keamanan data pengguna agar aplikasi IKD dapat dioptimalkan sebagai solusi layanan publik yang efektif dan efisien.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21632011186
Uncontrolled Keywords: E-Government, Identitas Kependudukan Digital, Teknologi.
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: Sinta Adia Pramesti 21632011186
Date Deposited: 07 Mar 2025 08:08
Last Modified: 07 Mar 2025 08:08
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item
View Item