Studi Stabilitas Tembok Penahan Tanah (TPT) Menggunakan Plaxis Pada Jalan Kawengan Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro

Afak Mulahani, Mulahani (2025) Studi Stabilitas Tembok Penahan Tanah (TPT) Menggunakan Plaxis Pada Jalan Kawengan Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. [Skripsi]

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (251kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (430kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (384kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (605kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (246kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (136kB)

Abstract

TPT adalah Tembok Penahan Tanah yang berfungsi untuk menahan tekanan lateral tanah pada lereng yang curam, sehingga mencegah terjadinya longsor dan menjaga stabilitas infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas TPT pada Jalan Kawengan, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, dengan menggunakan perangkat lunak Plaxis. Kondisi topografi yang berbukit dan kemiringan lereng yang tajam di daerah tersebut meningkatkan risiko pergerakan tanah, yang dapat mengganggu fungsi jalan dan membahayakan pengguna.Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data primer dan sekunder, serta pengujian laboratorium untuk menentukan parameter tanah seperti kohesi, sudut geser dalam, dan berat volume tanah. Analisis stabilitas dilakukan dengan simulasi numerik menggunakan Plaxis, yang memungkinkan evaluasi terhadap interaksi antara tanah dan struktur TPT. Hasil analisis menunjukkan bahwa angka keamanan lereng tanpa TPT adalah 5,6 > 1,5, yang menunjukkan bahwa lereng tersebut dalam kondisi sangat aman. Dua jenis TPT yang dianalisis, yaitu gravity wall dan cantilever wall, menunjukkan bahwa keduanya dapat diterapkan untuk menjaga stabilitas lereng. Gravity wall lebih sederhana dan biaya konstruksinya lebih rendah, sedangkan cantilever wall lebih efisien dalam mendistribusikan beban. Hasil perencanaan dengan menggunkan Plaxis di dapat angka keamanan tipe gravity lebih besar dari cantilever. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perencanaan dan desain TPT yang lebih andal dan efisien, serta mendukung keberlanjutan infrastruktur jalan di wilayah tersebut.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21222011125
Uncontrolled Keywords: Stabilitas TPT, Plaxis
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Sains dan Teknik
Depositing User: afak mulahani 21222011125
Date Deposited: 19 May 2025 01:55
Last Modified: 19 May 2025 01:55
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item
View Item