GAMIFIKASI SEBAGAI PENDEKATAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL

Rizky Stighfarrinata, S.ST., M.T, Stighfarrinata and Kurnia Luky Afrizal, Afrizal GAMIFIKASI SEBAGAI PENDEKATAN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL. Project Report. Universitas Bojonegoro.

[thumbnail of Rizky S - TI - Saintekk - YG - Channel.pdf] Text
Rizky S - TI - Saintekk - YG - Channel.pdf

Download (725kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dalam membentuk
dasar perkembangan kognitif, afektif, dan sosial anak. Salah satu pendekatan
inovatif yang semakin relevan untuk memfasilitasi proses pembelajaran anak usia
dini adalah gamifikasi, yang mengintegrasikan elemen permainan dalam kegiatan
belajar untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik. Program
pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan gamifikasi dalam
pembelajaran di TK Bintang Timur, Desa Gempollegundi, Gudo, Jombang,
sebagai solusi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar anak-anak.
Melalui pendekatan berbasis gamifikasi, program ini akan mengembangkan
materi pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan keterampilan kognitif,
sosial, dan emosional anak-anak. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat
memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan
menumbuhkan kecintaan belajar sejak dini pada anak-anak di TK Bintang Timur

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknik > Prodi Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Perpustakaan Unigoro
Date Deposited: 25 May 2025 11:59
Last Modified: 25 May 2025 11:59
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item
View Item