PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BRANDING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR TOKO MATERIAL BANGKIT BERSAMA DI SUGIHWARAS, BOJONEGORO

Ayu Kurnia Ratna Sari, S.T., M.M, Sari and Dr. Nova Nevila Rodhi ST.MT, Rodhi and Ir. Moh. Sholahuddin, ST.,MT, Sholahuddin and Dwi Nur Rosyid, Rosyid PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BRANDING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR TOKO MATERIAL BANGKIT BERSAMA DI SUGIHWARAS, BOJONEGORO. Project Report. Universitas Bojonegoro.

[thumbnail of Proposal PKM - Levina Imelda.pdf] Text
Proposal PKM - Levina Imelda.pdf

Download (827kB)

Abstract

Toko Material Bangkit Bersama di Desa Sugihwaras, Bojonegoro,
merupakan salah satu toko material yang menghadapi tantangan dalam
memperluas jangkauan pasar akibat rendahnya literasi digital dan belum
optimalnya pemanfaatan teknologi branding daring. Secara empiris, toko ini
masih mengandalkan promosi konvensional dari mulut ke mulut dan belum
memiliki identitas visual yang kuat maupun sistem pemasaran digital yang
terintegrasi. Kondisi ini mencerminkan permasalahan umum UMKM sektor bahan
bangunan yang tertinggal dalam transformasi digital, padahal memiliki potensi
pasar yang luas.
Tujuan program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan daya saing
Toko Material Bangkit Bersama melalui pelatihan dan pendampingan branding
digital, termasuk perbaikan identitas visual, optimalisasi platform digital, dan
pelatihan digital marketing bagi karyawan. Kontribusi keilmuan dari program ini
terletak pada penerapan strategi digitalisasi berbasis teori difusi inovasi, model
pembelajaran experiential, dan pendekatan pemasaran digital 4.0, yang secara
praktis memperkuat literasi digital UMKM dan menciptakan model
pemberdayaan yang dapat direplikasi.
Metode yang digunakan mencakup teknik pendampingan partisipatif
(coaching, mentoring, job shadowing), serta pelatihan digital marketing berbasis
learning by doing. Target luaran dari kegiatan ini meliputi: identitas visual baru
yang profesional, platform digital toko yang terintegrasi, tim internal yang
kompeten dalam pemasaran digital, serta publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional
terakreditasi SINTA 4

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknik > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Perpustakaan Unigoro
Date Deposited: 25 May 2025 13:10
Last Modified: 25 May 2025 13:10
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item
View Item