ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN BOJONEGORO (STUDI KASUS DI RENA FASHION)

Dwi Irnawati, S.E., M.M., Irnawati and Reza Anggapratama, S.E., M.M., Anggapratama and Muhammad Yoga Aditya Saputra, Saputra and Kevin Dwi Nur Cahya, Cahya ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN BOJONEGORO (STUDI KASUS DI RENA FASHION). Project Report. Universitas Bojonegoro.

[thumbnail of 2. Laporan Penelitian LPPM Unigoro (2)- Dwi Irnawati - Dwi Irnawati.pdf] Text
2. Laporan Penelitian LPPM Unigoro (2)- Dwi Irnawati - Dwi Irnawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sangat penting
dalam masyarakat karena berkontribusi pada pendistribusian penjualan,
menciptakan kreativitas, dan menyerap tenaga kerja. Program pengembangan
UMKM menjadi instrumen penting untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan
berfungsi sebagai katup pengaman dalam situasi krisis moneter. Di era digital
seperti saat ini banyak UMKM yang masih belum melek digital dan banyak UMKM
yang belum memberikan inovasi produk untuk menarik konsumen, padahal digital
dan inovasi produk saat ini sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha bisnis
apapun khususnya UMKM di kabupaten Bojonegoro. Dalam mencapai tujuan
perusahaan melalui pemasaran produk, diperlukan strategi pemasaran yang sesuai.
Produk harus terus melakukan inovasi agar sesuai arah media pemasaran yang
digunakan. Digital marketing telah menjadi pilihan umum bagi perusahaan dan
UMKM. Baik dalam skala mikro maupun makro, digital marketing dianggap
sebagai strategi efektif untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas.
Menciptakan alur pemasaran efisien dan terus melakukan inovasi produk,
perusahaan dapat meningkatkan laba dan penjualan secara signifikan. Penelitian ini
bertujuan mengevaluasi pengaruh digital marketing dan inovasi produk terhadap
peningkatan penjualan produk, dengan menggunakan metode kuantitatif. UMKM
Bojonegoro menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan digital
marketing dan inovasi produk baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri
berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan produk.
.
Kata Kunci: Digital marketing; Inovasi Produk; Peningkatan Penjualan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen Ritel
Depositing User: Pustakawan Perpustakaan Unigoro
Date Deposited: 26 May 2025 08:33
Last Modified: 26 May 2025 08:33
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item
View Item