STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Dhiffa Anila Yuwanda, Yuwanda (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. [Skripsi]

[thumbnail of ABSTRAK .pdf] Text
ABSTRAK .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Usaha Mikro,
Kecil, dan Menengah (UMKM) dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan daya saing UMKM di Kecamatan Sumberrejo
Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini melihat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan UMKM yaitu seperti : modal, Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi, pemasaran, dan peran pemerintah. Subjek penelitian ini adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)di Kecamatan Sumberrejo. Adapun jumlah informan dari penelitian ini adalah UMKM kuliner di Kecamatan Sumberrejo. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar pemilik usaha kuliner berkisar umur antara 20-30 tahun, dengan status kepemilikan UMKM sendiri adalah sebanyak 30 orang, dan sebagian besar tingkat pendidikan pengusaha UMKM adalah tamat SMA. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT. Faktor internal yang mendukung pengembangan UMKM meliputi kualitas produk yang baik, modal usaha yang cukup untuk mengembangkan usaha lebih luas, kualitas pelayanan yang baik, keberagaman variasi produk, dan alat produksi yang memadai. Sementara itu, faktor eksternal yaitu dukungan dan perhatian pemerintah, permintaan produk yang belum terpenuhi oleh pelaku usaha, memanfaatkan teknologi digital, dan bahan baku yang melimpah. Serta kelemahan seperti kurangnya pemasaran, kurangnya inovasi, legalitas usaha, dan keterbatasan SDM. Serta ancaman yaitu persaingan yang ketat, kenaikan harga bahan baku, perubahan kebutuhan konsumen, dan terbatasnya akses pasar. Strategi yang ditetapkan dari hasil analisis SWOT yaitu kekuatan dan peluang yang dapat dimaksimalkan melalui strategi SO(Strengths-Opportunities).

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21602011156
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, UMKM Kuliner, Analisis SWOT, Daya Saing
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Ekonomi Pembangunan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: DHIFFA ANILA YUWANDA 21602011156
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:57
Last Modified: 23 Jul 2025 06:57
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item
View Item