PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENGHASILKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOORDINATOR WILAYAH BIDANG KEPENDIDIKAN KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA

MASRUKIN, MASRUKIN (2025) PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENGHASILKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOORDINATOR WILAYAH BIDANG KEPENDIDIKAN KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA. [Skripsi]

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi yang sangat penting bagi pemerintah dan memiliki makna yang sangat luas karena dapat menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat dan bermacam-macam kepentingan dan kebutuhan. Pada saat ini masyarakat lebih menyukai hal yang serba cepat, terjangkau dan berkualitas dalam dalam kaitannya dengan pelayanan publik. Pada saat ini pelayanan publik yang baik akan memberikan kepuasan kepada masyarakat yang mana merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sementara ini, banyak pelayanan publik yang masih membutuhkan perhatian serta perlu peningkatan terkait dengan stadart pelayanan publik yang berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang standart pelayanan minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan serta menganalisis pengembangan kapasitas sumber daya manusia, faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Koordinator Wilayah Bidang Kependidikan Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah Kecamatan Cepu Kabupaten Blora dengan lokus Koordinator Wilayah Bidang Kependidikan Kecamatan Cepu. Jenis data penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisa interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Koordinator Wilayah Bidang Kecamatan Cepu Kabupaten Blora mempunyai kemampuan kerja dan profesional yang cukup baik dikarenakan pegawai pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan, namun masih ada beberapa pegawai di instansi tersebut belum mempunyai kemampuan walaupun sudah mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan. Faktor Pendukung dalam pengembangan kapasitas SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yakni mengutamakan kepentingan umum dan selalu meningkatkan mutu kerja, sedangkan faktor penghambat pengembangan kapasitas SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yakni kurangnya tenaga ahli dalam hal penguasaan Teknologi Informasi dan kurangnya kegiatan pengarsipan.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21632011201
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kapasitas, Sumber Daya Manusia, Pelayanan Publik
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: Mas Rukin 21632011201
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:02
Last Modified: 13 Aug 2025 03:02
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item
View Item