ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI UD.AGRO WIJAYA KUSUMA DI DESA RENGEL

Muna Anggita, Anggita (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI UD.AGRO WIJAYA KUSUMA DI DESA RENGEL. [Skripsi]

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh UD Agro Wijaya Kusuma dalam meningkatkan penjualan jamur tiram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT dan matriks IE. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang terdiri dari pemilik, karyawan, mitra usaha, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Agro Wijaya Kusuma memiliki kekuatan utama pada kualitas produk dan
lokasi usaha yang strategis. Namun, terdapat beberapa kelemahan seperti promosi yang masih terbatas dan keterbatasan kapasitas produksi. Dari sisi eksternal, peluang datang dari meningkatnya permintaan pasar dan terbukanya kerja sama dengan pihak
ketiga, sedangkan ancaman berasal dari persaingan yang ketat dan fluktuasi harga bahan baku. Berdasarkan hasil matriks IFAS dan EFAS, diperoleh skor masingmasing 3,088 dan 3,102 yang menempatkan posisi perusahaan pada Kuadran I dalam Matriks IE, yang berarti perusahaan berada pada posisi yang kuat baik secara internal maupun eksternal, sehingga strategi pertumbuhan (growth strategy) menjadi pilihan yang paling tepat.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21542011071
Uncontrolled Keywords: Marketing, Oyster Mushroom, SWOT, Marketing Mix Kata kunci: Pemasaran, Jamur Tiram, SWOT
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: Muna Anggita 21542011071
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:23
Last Modified: 12 Aug 2025 02:23
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item
View Item