Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Ekonomi Terhadap Pembelian Cabai Rawit di Pasar Tradisional Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu

Dewi Silvia Sepriyana, Sepriyana (2025) Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Ekonomi Terhadap Pembelian Cabai Rawit di Pasar Tradisional Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu. [Skripsi]

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sosial dan faktor ekonomi terhadap keputusan pembelian cabai rawit oleh konsumen di pasar tradisional Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Cabai rawit merupakan komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei, menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data primer dari 67 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan faktor sosial dan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian cabai rawit. Secara parsial, faktor ekonomi memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan faktor sosial. Temuan ini menunjukkan pentingnya daya beli, pendapatan, dan harga dalam memengaruhi pola konsumsi masyarakat desa terhadap cabai rawit. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran di pasar tradisional dan menjadi referensi bagi pengambilan kebijakan ekonomi lokal.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21542011012
Uncontrolled Keywords: Faktor Sosial, Faktor Ekonomi, Keputusan Pembelian, Cabai Rawit, Pasar Tradisional.
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: dewi silvia sepriyana 21542011012
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:53
Last Modified: 13 Aug 2025 01:53
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item
View Item