Adellia Ayu Saputri, Saputri (2025) EFEKTIVITAS APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (DAPODIK) DALAM UPDATING DATA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI LINGKUNGAN CABANG DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR WILAYAH BOJONEGORO. [Skripsi]
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (815kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong sektor pendidikan untuk mengintegrasikan sistem digital dalam manajemen data, salah satunya melalui aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Dapodik berperan penting sebagai basis data nasional dalam mendukung pengambilan kebijakan pendidikan. Namun, dalam ilmpementasinya di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, masih terdapat 21 dari 123 sekolah belum melakukan updating data di Dapodik hal ini, menjadi kendala yang menghambat efektivitas proses updating data pendidik dan kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengrksplorasi sejauh mana aplikasi Dapodik dapat berfungsi secara optimal dalam memperbarui data pendidik kependidikan serta mengkaji efektivitas Dapodik dalam meningkatkan akurasi data yang dikumpulkan dari berbagai sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus analisis didasarkan pada lima indikator efektivitas menurut teori Sutrisno (2007): pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, pencapaian tujuan, dan perubahan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Dapodik belum efektif dimana operator sekolah sebagian besar mamahami alur penggunaan aplikasi, dan proses updating data sudah dilakukan secara rutin. Namun, masih ditemukan hambatan seperti masalah saat sinkron, instal, dan maintance pada saat penarikan data yang mengakibatkan keterlambatan input data ketidaksesuaian data pada sistem pusat, serta kurangnya pemahaman teknis di beberapa sekolah, terutama pada sekolah swasta. Temuan ini mengindikasikan perlunya pelatihan berkelanjutan dan peningkatan dukungan teknis dari pemerintah untuk memastikan akurasi dan berkelanjutan data pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Additional Information: | 21632011098 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Dapodik, Updating Data, Pendidik dan Kependidikan, Teknologi Informasi |
Subjects: | Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik |
Depositing User: | ADELLIA AYU SAPUTRI 21632011098 |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2187 |