Regy Ramadhan, Ramadhan (2025) Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi "Panah Skrikandi" (Studi Kasus di Kelurahan Ledok Wetan Kecamatan Bojonegoro). [Skripsi]
![[thumbnail of COVER regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER regy.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I regy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
![[thumbnail of BAB II regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II regy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
![[thumbnail of BAB III regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III regy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
![[thumbnail of BAB IV regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV regy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
![[thumbnail of BAB V regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V regy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (717kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN regy.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN regy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan
Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi “Panah Srikandi” (Studi Kasus di Kelurahan Ledok Wetan Kecamatan Bojonegoro), yang meliputi pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, Akta Kelahiran, Pindah Keluar dan Pindah Masuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah Ledok Wetan, Kasi Ketentraman, Ketertiban Umum dan Pemerintahan, Petugas Operator Aplikasi Panah Srikandi, dan Masyarakat Kelurahan Ledok Wetan. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Panah Srikandi di Kelurahan Ledok Wetan dilihat dari dimensi Tangible,Reliability, Responsiviness, Assurancem dan Empathy. (a) Dimensi Tangible (berwujud) Aspek kenyamanan tempat melakukan pelayanan sudah baik, sarana prasarana sudah memadai. Aspek kedisiplinan petugas dalam pelayanan sudah dilaksanakan secara baik. (b) Dimensi Reliability (kehandalan) Aspek kecermatan petugas dalam melakukan pelayanan sudah baik,petugas sudah teliti dan cermat dalam proses pelayanan. Aspek memiliki standar pelayanan yang jelas sudah memiliki standar pelayanan seperti alur prosedur atau pamphlet tentang prosedur layanan. Aspek kemampuan petugas dalam menggunakan alat bantu petugas pelayanan sudah baik. (c) Dimensi Responsiviness (respon/ketanggapan) Aspek merespon setiap pelanggan yang
ingin mendapatkan pelayanan sudah dilakukan dengan baik oleh petugas. Petugas sudah merespon pengguna layanan dengan ramah, baik, dan cepat. Aspek semua keluhan pelanggan direspon baik oleh petugas. d) Dimensi Assurance (Jaminan) Aspek petugas memberikan jaminan tepat waktumasih belum terlaksana dengan baik karena jaminan tepat waktu dalam pelayanan yang diberikan belum sesuai dengan standar pelayanan, ketidaktepatan dikarenakan sistem yang eror. Aspel jaminan biaya pelayanan gratis. (e) Dimensi Empathy (empati) Aspek petugas melayani dengan sikap ramah, sopam santun, baik, dan menghargai sudah diterapkan. Aspek petugas melayani dengan tidak deskriminatif (membedabedakan) juga sudah diterapkan petugas untuk melayani dengan adil sesuai antrian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Additional Information: | 21632011209 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Administrasi, Aplikasi Panah Srikandi |
Subjects: | Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with email regyramadhan182@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:40 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:40 |
URI: | https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2222 |