EFISIENSI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SAMBIROTO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO

Elin Eka Safitri, Safitri (2025) EFISIENSI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SAMBIROTO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. [Skripsi]

[thumbnail of ABSTRAK..pdf] Text
ABSTRAK..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB II..pdf] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB III..pdf] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB IV..pdf] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of BAB V..pdf] Text
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN..pdf] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sambiroto Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Latar belakang penelitian ini didasari oleh masih adanya hambatan dalam pelayanan administrasi ditingkat desa, seperti, keterlambatan penerbitan dokumen, keterbatasan sumber daya manusia, serta kurangnya sarana prasarana pendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi perangkat desa dan masyarakat yang menjadi penerima layanan. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, dengan empat indikator efisiensi menurut teori Meyer dan Miller (2004), yaitu: operasional, waktu, sumber daya, dan ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi operasional, pelayanan belum didukung oleh Standar Operasional Prosedur (SOP) tertulis yang baku, sehingga terdapat inkonsistensi antarpetugas. Dari segi waktu, pelayanan masih memakan waktu lama. Pada aspek sumber daya, keterbatasan jumlah dan kompetensi aparat desa serta sarana yang belum memadai menjadi kendala utama. Sedangkan pada aspek ekonomis, belum ada optimalisasi anggaran dan efisiensi biaya pelayanan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sambiroto belum berjalan secara efisien. Diperlukan peningkatan kapasitas aparatur desa, penyusunan SOP, serta pengembangan sistem digital pelayanan guna menunjang efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21632011079
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efisiensi, Administrasi Kependudukan, Pelayanan Publik, Desa Sambiroto
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: Elin Eka Safitri 21632011079
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:16
Last Modified: 25 Aug 2025 07:16
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item
View Item