IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI UNIVERSITAS BOJONEGORO

Khilmy Fawaidati, Fawaidati (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI UNIVERSITAS BOJONEGORO. [Skripsi]

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Bojonegoro. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang di peroleh wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, dan penyajian data. Dan dianalisis dengan teori George C.Edward III dengan empat aspek yang terdiri dari komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program MBKM di Universitas Bojonegoro belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa kendala dalam pengimplementasian kebijakan tersebut. Dalam aspek komunikasi, masih terdapat kendala dalam hal kejelasan dan konsistensi informasi kepada mahasiswa, yang menyebabkan sebagian mahasiswa kurang memahami prosedur dan peluang program MBKM secara menyeluruh. Pada aspek sumber daya, ditemukan keterbatasan jumlah staf pendukung dan belum adanya alokasi dana khusus untuk pelaksanaan program. Sementara itu, dari sisi disposisi pelaksana, menunjukkan adanya komitmen dan dukungan terhadap pelaksanaan MBKM, namun masih dibutuhkan peningkatan pemahaman mengenai sistem prosedur digital. Adapun aspek struktur birokrasi menunjukkan hasil yang positif, Universitas Bojonegoro telah memiliki SOP yang jelas dan alur koordinasi antar unit yang berjalan efektif, sehingga mendukung kelancaran implementasi program.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21632011088
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: khilmy fawaidati 21632011088
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:21
Last Modified: 26 Aug 2025 03:21
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item
View Item