EFEKTIVITAS APLIKASI PLN MOBILE DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PADA UNIT LAYANAN PELANGGAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DI BOJONEGORO

Risa Suci Muzamilah, Muzamilah (2025) EFEKTIVITAS APLIKASI PLN MOBILE DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PADA UNIT LAYANAN PELANGGAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DI BOJONEGORO. [Skripsi] (In Press)

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)

Abstract

Aplikasi PLN Mobile adalah aplikasi layanan digital yang di sediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang dirancang untuk memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan kelistrikan, seperti melaporkan gangguan, membeli token, melihat informasi tagihan, dan mengajukan permohonan pemasangan baru. Aplikasi ini bertujuan mempercepat proses pelayanan serta meningkatkan kepuasan pelanggan dengan sistem yang cepat, transparan, dan berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas aplikasi PLN Mobile dalam Peningkatan Pelayanan pada Unit Layanan Pelanggan di Bojonegoro belum sepenuhnya efektif sesuai dengan rencana, terutama dalam aspek sosialisasi program yang masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena penyampaian informasi kepada masyarakat belum menyeluruh dan merata. Namun, terdapat beberapa indikator yang telah tercapai, yaitu ketepatan sasaran program, tujuan program dan pemantauan program yang telah berjalan sesuai dengan rencana. Diharapkan ke depannya, PLN ULP Bojonegoro dapat lebih mengoptimalkan penggunaan aplikasi PLN Mobile dari berbagai aspek, guna mewujudkan visi dan misi Perusahaan.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21632011050
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aplikasi PLN Mobile, Peningkatan Pelayanan
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: Risa Suci Muzamilah 21632011050
Date Deposited: 28 Aug 2025 06:48
Last Modified: 28 Aug 2025 06:48
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item
View Item