STUDI KERUSAKAN JALAN DI TINJAU DARI TANAH SUBGRADE (Studi kasus Jalan poros Giwang - Rayung Kec. Senori Kab. Tuban)

A. Junaedi Yahya, Yahya (2025) STUDI KERUSAKAN JALAN DI TINJAU DARI TANAH SUBGRADE (Studi kasus Jalan poros Giwang - Rayung Kec. Senori Kab. Tuban). [Skripsi]

[thumbnail of Abstrak Yahya.pdf] Text
Abstrak Yahya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I Yahya.pdf] Text
Bab I Yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Bab II Yahya.pdf] Text
Bab II Yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III Yahya.pdf] Text
Bab III Yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV Yahya.pdf] Text
Bab IV Yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V Yahya.pdf] Text
Bab V Yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[thumbnail of Lampiran yahya.pdf] Text
Lampiran yahya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tanah dasar merupakan penopang utama pada konstruksi jalan, kondisi tanah dasar yang tidak stabil berakibat pada kerusakan jalan, terutama pada ruas jalan poros Giwang – Rayung Kecamatan, Senori Kabupaten Tuban. Faktor faktor seperti karakteristik tanah, kepadatan tanah, nilai CBR, disertai meningkatnya daya beli serta kebutuhan akan sarana transportasi darat yang berpengaruh pada jumlah kendaraan yang melintasi ruas jalan sehingga berpontensi merusakan infrastruktur. Di ruas jalan Giwang – Rayung Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, terdapat kerusakan berupa gelombang dan keretakan yang mengganggu kenyamanan berkendara. Area ini merupakan jalur utama bagi masyarakat setempat untuk aktivitas sehari-hari. Namun, pada ruas jalan mengalami kerusakan yang dapat mengganggu lalu lintas dan menimbulkan risiko bahaya bagi warga
sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kerusakan tanah subgrade pada ruas jalan Giwang – Rayung Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban dengan mengetahui faktor faktor nilai CBR pada kerusakan jalan, hubungan nilai CBR dengan OMC (kadar air optimum), dan mengetahui hubungan antara kondisi fisik tanah subgrade pada hasil uji CBR dengan OMC pada ruas jalan tersebut. Dari hasil analisis menggunakan uji CBR lapangan di dapat nilai yang hampir sama dari kerusakan ringan
dan sedang dengan hasil 1,4% namun pada ruas jalan yang memiliki kerusakan berat mengalami penurunan yang signifikan dengan nilai 1,1%. dan uji CBR labolatorium di dapat nilai pada kerusakan ringan dengan nilai 14,38% dan nilai terendah di dapat pada kerusakan berat dengan nilai 5,81%, serta nilai OMC pada rusak ringan mendapat 14% dan pada kerusakan berat di dapat nilai 9%. Artinya bahwa tanah yang tidak dipadatkan
atau mendekati OMC maka menghasilkan nilai CBR yang rendah dan tanah tidak mampu menahan beban sehingga terjadi kerusakan.

Item Type: Skripsi
Additional Information: 21222011035
Uncontrolled Keywords: tanah subgrade, CBR, faktor kerusakan, OMC
Subjects: Skripsi UNIGORO > Prodi Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Sains dan Teknik > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: A. Junaedi Yahya 21222011035
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:48
Last Modified: 09 Sep 2025 02:48
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item
View Item