Adam Yusuf Arifiyanto, Arifiyanto (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN APARATUR DESA DALAM MELAYANI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SUKOREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. [Skripsi]
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (505kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.unigoro.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan aparatur desa dalam melayani administrasi kependudukan di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan teori efektivitas organisasi Steers (1985) dan konsep kualitas pelayanan ServQual versi Parasuraman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari warga pengguna layanan administrasi kependudukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek akses dan proses pelayanan, kemudahan akses masih terbatas karena minimnya petunjuk tertulis yang jelas, sehingga warga sering datang tanpa dokumen lengkap. Pada aspek sikap dan kemampuan aparatur desa (assurance dan empathy), pelayanan belum konsisten; sebagian petugas ramah dan membantu, namun ada pula yang terburu-buru dan kurang memahami prosedur. Pada aspek kecepatan dan ketepatan pelayanan (reliability dan responsiveness), pelayanan sering melampaui waktu yang dijanjikan dengan kendala teknis yang memperburuk keterlambatan. Dari segi fasilitas pelayanan (tangibles), ruang tunggu dan fasilitas penunjang masih kurang memadai. Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan aparatur desa di Desa Sukorejo masih perlu ditingkatkan, baik dari segi sumber daya manusia, fasilitas, maupun sistem pelayanan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Additional Information: | 21632011119 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kinerja Aparatur Desa, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan |
Subjects: | Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik |
Depositing User: | adam yusuf arifiyanto 21632011119 |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:56 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2853 |