POLA KEMITRAAN DAN EFISIENSI SALURAN PEMASARAN TEMBAKAU DI DESA POHWATES KEPOHBARU BOJONEGORO

Badiatud Durroh, S.P, M.Si, Durroh and Moh. Yusuf Dawud, S.P, M.Agr, Dawud and Lailiah Muafidah, Muafidah POLA KEMITRAAN DAN EFISIENSI SALURAN PEMASARAN TEMBAKAU DI DESA POHWATES KEPOHBARU BOJONEGORO. Project Report. Universitas Bojonegoro.

[thumbnail of LAPORAN - Badiatud Durroh.pdf] Text
LAPORAN - Badiatud Durroh.pdf

Download (550kB)

Abstract

Sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang berpotensi untuk
dikembangan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Salah satunya komoditas tembakau
menjadi pilar bagi perekonomian Jawa Timur sekaligus memainkan peran strategis
dalam kancah perekonomian nasional. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mengetahui pola kemitraan tembakau di Desa Pohwates Kecamatan Kepohbaru
Kabupaten Bojonegoro Untuk mengetahui saluran pemasaran komoditas tembakau
virginia di Desa Pohwates Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro, Untuk
menganalisis efisiensi saluran pemasaran komoditas tembakau virginia di Desa
Pohwates Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro
Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Pohwates Kecamatan Kepohbaru
Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan
dengan simple random sampling untuk responden petani dan snowball sampling
untuk responden pedagang. Dalam penelitian ini terdapat 52 responden, dengan
rincian 48 petani tembakau, 3 pedagang pengumpul, dan 1 pedagang besar. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara & kuesioner, dan
dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kemitraan antara
petani tembakau di Desa Bulu Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro
dengan PT. Alliance One Indonesia dilaksanakan dengan pola kemitraan Kerjasama
Operasional Agribisnis (KOA) dengan Surat Perjanjian Kemitraan sebagai
acuannya (2) terdapat dua saluran pemasaran usahatani tembakau virginia dalam
bentuk daun kering/rajangan dengan konsumen akhir yaitu gudang tembakau; (3)
Pemasaran tembakau virginia di Desa Pohwates telah berjalan efisien, dibuktikan
dari berbagai indikator pemasaran yaitu analisis perhitungan margin, distribusi
margin, dan Farmer’s Share. Nilai margin pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp
2.291 dan pada saluran 2 yaitu Rp 3.458. Dapat diartikan bahwa saluran pemasaran
1 lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran 2.
Kata Kunci: Tembakau Virginia, Saluran Pemasaran, Efisiens

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: Pustakawan Perpustakaan Unigoro
Date Deposited: 26 May 2025 07:27
Last Modified: 26 May 2025 07:27
URI: https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item
View Item