Jesika Dwi Fitriana, Fitriana (2025) EFEKTIVITAS PROGRAM PANAH SRIKANDI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOJONEGORO. [Skripsi]
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas Program Panah Srikandi dalam peningkatan pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bojonegoro. Program Panah Srikandi adalah sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagai respons terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih efektif. Program ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan jaringan kantor desa dan kelurahan. Panah Srikandi ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi pelayanan administrasi kependudukan secara daring, sehingga masyarakat dapat mengajukan permohonan dan menerima dokumen kependudukan dengan lebih cepat dan mudah. Program ini mencakup layanan penerbitan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat Keterangan Pindah, dan Surat Keterangan Datang. Dengan demikian, Program Panah Srikandi diharapkan dapat meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa munculnya aplikasi Panah Srikandi sebagai media layanan administrasi kependudukan sudah efektif namun belum maksimal. Karena tidak semua masyarakat Kabupaten Bojonegoro mengetahui dan paham tentang adanya program Panah Srikandi. Sehingga masih ditemukan masyarakat yang langsung mengunjungi kantor dukcapil untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan karena ketidaktahuannya tentang adanya program Panah Srikandi tersebut.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Additional Information: | 21632011134 |
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, pelayanan, program panah srikandi |
| Subjects: | Skripsi UNIGORO > Prodi Administrasi Publik |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Prodi Administrasi Publik |
| Depositing User: | Jesika Dwi Fitriana 21632011134 |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:32 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 01:32 |
| URI: | https://repository.unigoro.ac.id/id/eprint/2307 |

